Senin, 20 Oktober 2008


Rahasia Raja Bohemia

Judul novel : Sherlock Holmes edisi A Scandal in Bohemia

Penulis : Sir Arthur Conan Doyle

Penerjemah : Deta Ariani dan Isti Pratiwi

Penerbit : Narasi

Tahum terbit : Tahun 2008

Jumlah halaman : 108 halaman

Cetakan : Cetakan pertama, 2008

Harga : Rp 15.000,00

Zaman sekarang ini boleh dikatakan semua orang pasti mengetahui atau pernah membaca novel yang berjudul Sherlock Holmes. Sherlock Holmes adalah sebuah novel yang ditulis oleh penulis yang terkenal Sir Arthur Conan Doyle. Hampir semua novel Sherlock Holmes ini menceritakan seorang detektiv yang pintar dan cerdik dalam memecahkan masalah.

Pada novel Sherlock Holmes edisi Skandal Bohemia ini menceritaka seorang seorang pria tinggi yang bertopeng mengunjungi Holmes di Baker Street. Pria tersebut berasal dari Bohemia. Dengan kepintaran Holmes ia dapat menebak bahwa pria itu merupakan raja yang berasal dari Bohemia. Raja mencari Holmes untuk meminta bantuan kepada Holmes untuk mengambil foto yang disimpan oleh seorang wanita yang bernama Irene Adler. Pada foto itu terdapat gambar mereka berdua saat masih pacaran. Raja ingin mendapatkan foto itu, karena raja akan segera menikah dan takutnya Irene Adler akan mengagalkan pernikahan raja dengan memperlihatkan foto kepada keluarga calon istri raja.

Saat melakukan penyelidikan holmes menyamar menjadi kusir kereta kuda. Saat melakukan penyelidikan Holmes banyak menemukan keanehan. Salah satu keanehannya adalah Irene Adler menikah secara mendadak dengan seorang pengacara yang bernama Godfrey Norton.

Holmes dapat mengetahui tempat foto itu disimpan dengan melakukan skenario kebakaran yang dibantu oleh Watson, Sahabat Holmes. Saat Holmes berada di depan rumah Irene Adler, Holmes menyewa beberapa pria untuk melakukan skenario tersebut. Pria-pria itu berpura-pura untuk memukul Holmes agar ia dapat masuk ke rumah Irene Adler. Akibat terluka karena dipukul oleh pria-pria tersebut Holmes pun dapat masuk ke dalam rumah Irene Adler. Saat Holmes berada di dalam rumah Irene Adler, Holmes memulai skenarionya yang kedua. Skenario yang kedua adalah berpura-pura kalau rumah Irene Adler akan terjdi kebakaran. Dari luar Watson berteriak dan mengatakan,”Kebakaran …… kebakaran ……… kebakaran.” Saat mendengar teriakan kebakaran tersebut Irene Adler langsung menuju sebuah lukisan yang berada di dalam ruang tamunya. Dari kejadian tersebut Holmes dapat mengetahui tempat foto tersebut. Karena biasanya apabila ada kebakaran orang-orang pasti akan menyelamatkan barang-barang berharganya. Saat mendengar kebakaran Irene Adler Langsung menuju sebuah lukisan yang berada di dalam ruang tamu dan dari sanalah Holmes mengetahui tempat foto itu disimpan.

Keesokan harinya Holmes dengan raja Bohemia pergi ke rumah Irene Adler yang berada Briony Lodge untuk mengambil foto tersebut dari Irene Adler. Sesampainya disana Holmes sudah disambut oleh seorang wanita tua. Wanita tua itu mengatakan bahwa Irene Adler dengan suaminya Godfrey Norton telah pergi ke Prancis tadi pagi. Holmes langsung menuju ruang tamu untuk mencari foto tersebut. Karena Holmes takut kalau foto tersebut dibawa oleh Irene Adler. Dan ternyata foto itu memang dibawa oleh Irene Adler dan ia hanya meninggalkan surat dibelakang lukisan itu. Isi suratnya mengatakan bahwa dia mengetahui kalau Holmes sedang menyelidikinya dan ingin mendapatkan foto tersebut. Ia juga mengatakan bahwa tidak akan menggagalkan pernikahan raja dan foto tersebut akan ia simpan. Dan sampai saat itu hanya ada seorang yang dapat mengalahkan Holmes yaitu Irene Adler.

Novel Sherlock Holmes ini memiliki banyak keunggulan diantaranya ceritanya yang menarik seolah- olah kita menjadi tokoh dalam novel tersebut sehingga kita tidak pernah bosan untuk membacanya. Selain memiliki keunggulan novel ini juga memiliki kelemahan-kelemahan. Diantaranya tidak terdapat kata pengantar dan biografi tentang penulis. Sehingga kita sulit untuk mengenal penulis lebih jauh. Selain kelemahan tersebut terdapat juga kelemahan pada percetakan novelnya. Percetakan novel ini tidak rapi dan kurang berkualitas sehingga novel ini jadi cepat rusak. Tinjauan bahasa yang digunakan pada novel ini sangat baik dan tidak ada kata-kata atau kalimat yang sulit dimengerti.

Novel ini menceritakan tentang seorang detektiv yang pintar dan cerdik dalam memecahkan mesalah. Novel ini dapat dibaca oleh semua orang dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tuapun dapat membacanya. Sehingga novel ini tidak bahaya apabila dibaca oleh anak-anak.

Tidak ada komentar: